kP7xwT1GPvJdmHDculWywrxAbKlbYlzMYCQ9LAUd

Belajar Bermain Gitar Blues Untuk Pemula Dan Menengah

Teknik Improvisasi Melodi Gitar Blues, Teknik Bermain Blues Pickingstyle dan Fingerstyle


Belajar Gitar Blues Untuk Pemula, Cara Bermain Gitar Blues, Teknik Improvisasi Melodi Gitar Blues, Teknik Bermain Blues Pickingstyle dan Fingerstyle. 

Blues adalah salah satu akar musik (nenek moyangnya musik) yang sangat berperan melahirkan hampir semua genre yang ada saat ini, mulai dari pop, rock, jazz, funk, RnB, rock and roll, country, folk, metal, fusion, alternatif, reggae, progresif, dan sebagainya adalah turunan atau anak cucu cicit dari blues.

Ada 2 musik yang menjadi akar musik yakni musik klasik dan musik blues, klasik identik dengan straight-flat feel nya sedangkan blues sangat erat dengan swing-feel nya.

Oleh karena itulah mempelajari dua dunia berbeda yakni blues dan klasik sangat baik bagi musikalitas kita karena secara langsung maupun tidak langsung bisa membuat kita luwes / fleksibel dalam memainkan aliran musik apapun, mampu bermain multi stylish / multi genre / multi aliran. 

Dan pemusik / musisi yang memiliki kemampuan multi cenderung memiliki skill yang lebih menawan dibanding yang mono style (mono genre).

Teknik improvisasi (pengembangan / perluasan) musik berakar dari permainan blues. Kita semua sudah mengenal tipe musik baku yang berlandaskan pada tangga nada solmisasi (major scale dan minor scale), blues dalam hal ini melakukan semacam perlawanan yakni bermusik dengan lebih mengutamakan sisi musikal (feel/soul), sehingga blues ini pada dasarnya tidak terlalu terikat pada scale secara mutlak (meskipun blues memiliki juga beberapa scale).

Blues itu berkarakter lebih bebas dan ekspresif, dari sifat inilah yang menyebabkan blues terus melahirkan banyak inovasi-inovasi musik dari jaman ke jaman, termasuk adanya berbagai macam aliran musik yang ada di zaman now ini terpengaruh kuat dari inovasi-inovasi musik blues yang merupakan nenek moyang musik yang sangat berperan melahirkan banyak turunan genre-genre musik.







Ciri-Ciri Musik Blues Yang Paling Khas :

  1. Ekpresif
  2. Terbuka
  3. Bebas
  4. Tidak Ada Aturan Mutlak
  5. Inovatif
  6. Musikal (Feel/Soul)


Belajar Gitar Blues Untuk Pemula / Menengah


Video belajar gitar blues berikut ini berisikan tutorial iringan dasar blues, teknik melodi improvisasi dengan menggunakan blues scale & pentatonik minor lengkap dengan 5 pola / mode nya.

Video tutorial gitar blues ini adalah dasar yang harus diketahui oleh para pemula, video yang fundamental untuk para pemula dalam memahami dasar bermain gitar blues.

Didalamnya dijelaskan secara rinci mulai dari iringan progresi dasarnya : A7 D7 E7 (chord dominant), kemudian belajar melodi gitar blues dengan tangga nada (scale) pentatonik minor lengkap dengan 5 pola / mode / pattern nya dan juga penjelasan tentang melodi gitar blues scale yang merupakan pondasi tangga nada dalam bermain teknik improvisasi melodi gitar blues.

Dibawah ini ada 2 video, yang pertama adalah video dasar bermain gitar blues dan yang kedua adalah cara bermain gitar blues dengan teknik fingerstyle / belajar gitar fingerstyle blues. Dua video tutorial gitar blues ini adalah video wajib tonton bagi para pemula, selamat menyimak dan semoga bermanfaat...








( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Posting Komentar