kP7xwT1GPvJdmHDculWywrxAbKlbYlzMYCQ9LAUd

Belajar Teknik Improvisasi Melodi / Chord Gitar Jazz Untuk Pemula

Cara Bermain Improvisasi Gitar Dasar Untuk Pemula

Improvisasi adalah cara atau teknik mengembangkan, meluaskan dan memadatkan bahan yang sederhana menjadi lebih berbobot dan berisi. Dari definisi ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa bermain teknik improvisasi gitar itu membutuhkan syarat yang ketat dan pemahaman yang luas.

Gitar jazz dan blues berasal dari konsep improvisasi, tidak terlalu terikat pada aturan teori baku dan terus berinovasi, inilah ciri khas improvisasi yang pada akhirnya melahirkan genre jazz (cucunya blues) yang memiliki tingkat kompleksitas permainan yang padat dan atraktif.

Belajar gitar improvisasi blues dan jazz susah? bisa jadi jika belum terbiasa, namun jika sudah terbiasa akan mengalir sendiri permainannya.


Video belajar gitar berikut ini akan menjelaskan cara bermain improvisasi gitar dan perbedaan mencolok antara pop dan blues / jazz...

Berikut ini adalah video tutorial gitar / video belajar gitar tentang teknik improvisasi melodi dan chord gitar, cara bermain melodi dan cara merubah kunci pop ke blues / jazz, tips mudah membedakan teknik swing-feel yang umumnya didapati dalam permainan gitar blues / jazz dengan teknik straight-feel (flat/datar) yang umumnya dimainkan dalan genre-genre musik pop standar.

Juga menjelaskan cara merubah kunci-kunci standar : C Dm Em F G Am Bdim menjadi chord-chord harmoni 7 : CM7 (Cmaj7), Dm7, Em7, FM7 (Fmaj7), G7, Am7, Bm7-5 (Bm7b5), termasuk pula menjelaskan perbedaan penerapan major scale C dalam musik standar (pop) dengan genre blues / jazz.

Video tutorial improvisasi gitar ini sangat baik untuk disimak terutama bagi para pemula, karena penjabaran di video ini bersifat dasar sehingga mudah diikuti. Teknik improvisasi adalah teknik dalam permainan musik yang menjadi target skill, karena mampu bermain improvisasi adalah tanda bahwa kita mulai memasuki tahap mahir bermain gitar.






Teknik Improvisasi Bisa Dimainkan Di Genre Selain Blues / Jazz ???


Improvisasi itu sendiri berawal dari budaya blues yang berkembang dari jaman ke jaman hingga yang kita nikmati hari ini. Improvisasi itu sebenarnya tidak melulu cuma ada di musik blues maupun jazz, improvisasi bisa juga diterapkan di genre-genre yang lebih ringan seperti pop, rock, dan lain-lain. 

Improvisasi tidak harus selalu di musik-musik yang berat, yang ringanpun jika kita cerdas menyisipkannya justru akan memunculkan permainan yang cerdas dan unik, jadi bagi anda yang mencoba berimprovisasi di genre selain blues dan jazz maka silahkan karena improvisasi itu pada hakikatnya adalah bebas.

Tahapan sederhana bermain improvisasi gitar dasar :

  1. Siapkan progresi chord standar
  2. Ubah progresi chordnya ke bentuk harmoni 7
  3. Mainkan solo gitar dengan teknik swing feel / blues menggunakan scale sederhana seperti major scale atau minor scale juga blues scale dan kromatik sebagai passing nya.
  4. Jangan takut salah dalam bermain improvisasi, bermainlah bebas, biasakan dulu, nanti juga akan ada waktu bisa bermain secara matang.

Sudah menjadi standarisasi bahwa teknik improvisasi gitar merupakan level yang tinggi dalam permainan musik karena didalamnya terdapat berbagai macam eksplorasi baik chord, scale, teknik, ritem, feel/soul, style, dan sebagainya.. video tutorial improvisasi gitar ini adalah tontonan wajib (sangat dianjurkan) untuk para pemula... selamat belajar, selamat menyimak dan semoga bermanfaat











( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Posting Komentar