kP7xwT1GPvJdmHDculWywrxAbKlbYlzMYCQ9LAUd

Belajar Kunci Gitar Dasar 12 Chord Minor Lengkap Untuk Pemula

Belajar Gitar Untuk Pemula, Video Tutorial Gitar Untuk Pemula


Chord atau kunci minor adalah salah satu kunci paling dasar selain mayor yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin jadi gitaris atau pemain gitar, dan sudah maklum jika hampir semua lagu terutama genre-genre musik yang populer (umum) kemungkinan besar pasti menggunakan kunci mayor dan minor.

Kunci paling dasar yang wajib kita kuasai ada 2 jenis yakni mayor dan minor, untuk postingan kali ini saya akan memfokuskan pembahasan tuntas tentang 12 kunci minor. 

Mungkin timbul pertanyaan, bedanya apa ya kunci mayor dan minor itu? secara sederhana dalam membedakan chord, kita harus pahami sugestinya (kesan) nya saja, kunci mayor itu terdengar / terkesan memiliki mood bunyi yang terang, cerah dan normal sedangkan kunci minor itu terdengar sedih, murung dan gelisah.

Karena faktor inilah kunci-kunci minor banyak digunakan di musik atau lagu-lagu yang sedih, walaupun dalam dunia musik tidak ada yang mutlak, artinya kunci minor yang punya sugesti sedih masih bisa dirubah moodnya menjadi ceria.


Belajar Kunci Gitar Dasar - 12 Chord Minor

Yang dibahas di video tutorial gitar / video belajar gitar berikut ini adalah video belajar kunci gitar minor lengkap yakni 12 kunci / chord minor, diantaranya : Cm, C#m (Dbm), Dm, D#m (Ebm), Em, Fm, F#m (Gbm), Gm, G#m (Abm), Am, A#m (Bbm), Bm.

Pembahasan / penjabaran meliputi penjelasan dasar tentang nada, fretboard, chord tones (formula chord: nada-nada pembentuk chord), pola chord, teknik bermain hingga pembahasan tentang teknik bermain melodi chording (arpeggio) sampai ke improvisasi.

Video tutorial pertama adalah tutorial penjelasan lengkap, video tutorial kedua adalah tutorial pelengkap untuk memahami letak-letak kunci (chord)pola chord (pattern), dan lain-lain, selamat menyimak dan semoga bermanfaat.   






( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )


Posting Komentar